SEJARAH SINGKAT

Keberadaan Yayasan Pendidikan Persada Bunda di Pekanbaru dewasa ini telah menaungi tujuh perguruan tinggi yang aktif, yang masing - masing adalah Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM), berdiri pada tahun 1992, Akademi Bahasa Asing (ABA), berdiri pada tahun 1998, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), berdiri pada tahun 2000, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP), berdiri tahun 2000, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA), berdiri pada tahun 2003, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), berdiri pada tahun 2006 dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), berdiri tahun 2008. Pada masing - masing perguruan tinggi tersebut berusaha untuk berperan aktif dalam mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana peran serta tersebut diwujudkan melalui penyiapan tenaga penengah yang profesional dibidang - bidang: Kesekretariatan, Manajemen Perkantoran, Bahasa Inggris, Manajemen, Akuntansi, Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah.

Sejalan dengan gejolak krisis ekonomi dan moneter dewasa ini dimana banyak kita jumpai beberapa permasalahan dalam dunia ketenagakerjaan seperti banyak terjadinya pengangguran di sektor - sektor penting yang mendukung perekonomian negara, yang pada hakikatnya menuntut beberapa perbaikan - perbaikan secara menyeluruh dibidangnya.

Dengan demikian dirasakan kehadiran perguruan tinggi diatas merupakan bagian integral dari usaha permasalahan pembangunan yang terjadi dan mendukung strategi dibidang pendidikan tinggi nasional sehingga orientasi startegi perencanaan pembangunan meliputi beberapa hal, diantaranya:

1. Menyiapkan output yang harus mengisi lapangan kerja serta mampu menerapkan, menyesuaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan kebutuhan lapangan kerja.

2. Ketujuh perguruan tinggi: ASM, ABA, STIE, STISIP, STIBA, STIH, dan STAI Persada Bunda dalam kehadirannya terus memacu pendidikan serta pengaturan dan penyelenggaraannya dengan mutu lulusan atau tenaga yang profesional, berkeahlian, terampil serta dapat sekaligus mengisi lapangan kerja, yang diperlukan baik oleh lembaga pemerintah maupun swasta untuk menunjang pembangunan.

Dalam  meningkatkan  kwalitas sumber  daya manusia  terutama  dalam  bidang  pendidikan,  pihak pemerintah  provinsi  yang telah menyalurkan beasiswa untuk dosen - dosen tugas belajar pasca sarjana, serta pihak Kopertis yang juga telah memberikan beasiswa dilingkungan Persada Bunda. Hal yang sama juga diberikan oleh pihak Pegadaian Pekanbaru, Konsorsium PT RAPP Pangkalan Kerinci serta dari BP MIGAS dan PT Chevron untuk mahasiswa di lingkungan Persada Bunda.

Kami dari pihak Yayasan Persada Bunda mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak - pihak yang telah berperan aktif dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah Riau umumnya dan Yayasan Pendidikan Persada Bunda khususnya.

Share: